Wednesday, February 18, 2009

Apa yang dimakan Pimpinan Tiongkok setiap hari?

Kehidupan pimpinan Tiongkok biasa diliputi rahasia kegelapan, apa yang mereka makan setiap harinya dan bagaimana cara makan selamanya merupakan rahasia yang tidak bisa diumumkan. Zheng Xu yuan, mantan Direktur Gizi Makan RS Beijing, ahli Gizi Kesehatan membocorkan keluar, para pimpinan lebih banyak makan makanan-kasar (yang dimaksud bukan nasi dari beras putih atau mie/mantou dari trigu-putih) , makan sedikit - banyak kali dan gunakan metode ilmiah dalam makan-minum. Itulah sebab utama pimpinan Tiongkok termasuk yang panjang usia didunia. Zheng Xu yuan mengemukakan, prinsip dasar merawat kesehatan Pimpinan Tiongkok adalah setiap hari memakan 25 jenis bahan makanan.

Sedikit daging, banyak makanan-kasar. Sedikit tapi makan banyak kali.
Zheng Xu yuan menunjukkan, menu makanan Pimpinan tidak sebagaimana diperkirakan orang umumnya adalah sea-food, Haisom. Justru sebaliknya, mereka lebih banyak makanan-kasar. ebih sedikit daging. Cara dan deretan menu makan mereka, mutlak bisa dilaksanakan juga oleh rakyat cilik umumnya.

Zheng Xu Yuan menjelaskan, yang dimaksudkan setiap hari 25 jenis bahan makanan itu betul-betul jenis bahannya dan bukan 25 jenis sayur-lauk. Berdasarkan pengetahuan Gizi kesehatan TIongkok, yang berpengalaman bekerja lebih 60 tahun, mantan Direktur Dept. Gizi Makanan RS Militer Central Beijing Li Shui-fen juga mengatakan, para Pimpinan lebih sedikit makan daging "Binatang berkaki empat", ditinjau dari sudut gizi, yang berkaki dua (Ayam, bebek) lebih baik dari yang berkaki-empat (babi, sapi, kambing), yang berkaki satu (jamur) lebih baik dari berkaki dua, yang tidak berkaki (ikan) lebih baik dari yang berkaki satu.

Zheng Xuyuan membocorkan bagaimana dia membuat menu makanan "Kader-kader tua" Comite Central, dengan prinsip makan sedikit banyak kali dan mengutamakan banyak ragam jenis pangan, dengan demikian mendapatkan keseimbangan gizi yang diperlukan.

70% kenyang saat makan, ditambah 2 kali makan-kecil.
Zheng Xuyuan memberikan contoh menu: makan pagi 1/2 gelas susu-sapi, sepiring sayur, 1 huajuan-wijen (sejenis mantao berbentuk bunga sedikit asin), semangkok-kecil buburgandum atau bijiteratai. Makan siang, 10 macam sayuran, chapcai, sekitar 30 gr. kacang-merah atau jagung. Makan malam, lobak dengan bakwan-ikan dan bubur gandum.

Diantara 2 kali makan ditambah camilan, kata Zheng Xuyuan, karena para Pimpinan ketika makan hanya 70% kenyang, maka sekitar jam 10 dan jam 15, perlu ditambah camilan. Misalnya dipagi hari ditambah semangkok kecil sup jamur-kuping dan biji-teratai atau bubur havermoth (oat), sedang sore 1/2 gelas yougart dan buah-buahan. Sebagaimana diketahui, Chen Yun yang mencapai usia 91 tahun itu, setiap hari harus makan 13 butir kacang-atanah, jalan selama 13 menit dan menerima tamu hanya 3 menit. Istri beliau adalah Ruo Mu ahli gizi kenamaan, menjalankan prinsip "dibantu 5 jenis buah", minta Chen Yun makan 2 buah pisang setelah makan atau buah-buahan lain. Makanan yang ditim dan kurangi gorengan, tumis dan arak.

Zheng Xuyuan menunjukkan, cara masak juga sangat penting diperhatikan, dengan cara tim (kukus), rebus, Men (direbus dengan api kecil), Ban (makanan dingin/mentah, seperti salad), Chuan (makanan dengan diseduh atau direbus sebentar saja) sebagai pemasakan yang utama, agar mengurangi kerusakan gizi yang terjadi dan menjamin makanan yang kadar lemak rendah. Menu makanan Pimpinan bukan sama sekali tidak ada gorengan atau sayuar tumis, tapi hanya diberikan seminggu sekali saja. Namun dengan cara masak apapun, prinsip tidak asin, tidak lemak dan banyak serat-sayur harus dipatuhi.

Disamping itu, para Pimpinan juga seringkali diberi makanan untuk perkuat otak dan lever, seperti biji-bijian, almond, wijen, He-tao (sejenis kenari, tapi bentuknya seperti otak), wine dll. Pimpinan sebelum minum arak, diberi makanan yang banyak mengandung vit-B, karena arak bisa merusak selaput lambung yang berakibat kekurangan vit.-B. Oleh karenanya, sebelum minum arak diberi makanan-kasar, daging atau kacang sebagai landasannya.

Zheng Xuyuan menandaskan, hanya memperhatikan menu makan tentu jauh dari cukup. Sementara pimpinan bisa berusia panjang, karena mereka juga sangat memperhatikan olahraga. Seorang jenderal yang mencapai usia 102 tahun, sejak muda main tenis sampai usia 88 tahun, seminggu masih bisa main 4-5 kali, dan setiap kalinya 1-2 jam. Pimpinan Comete Central sekarang ini juga sangat memperhatikan olahraga, Hu Jintao pandai main ping-pong, Wen Jiabao ketika berkunjung ke Jepang juga mendemonstrasikan kepandaian Bang-qiu (seperti bola gasti, memukul bola dengan tongkat).

Yang dimakan para Pimpinan sekalipun sederhana, tapi sumber bahan makanan harus aman. Seperti diketahui, beras yang dimakan Pimpinan dan air yang diminum adalah disuply dari produksi daerah tertentu saja. Beijing memasuki musim rontok, hasil produksi persik yang terbaik pasti lebih dahulu mengalir ke Zhong Nan Hai dan tempat pensiunan kader pimpinan.

Nah, ini terjemahan kasar yang bisa saya lakukan dengan pengetahuan bhs. Tionghoa saya yang sangat minim kalau ada kekeliruan harap bisa dikoreksi.

ChanCT

No comments:

Post a Comment