Wednesday, February 18, 2009

Mengenal Tiongkok Sekilas

Kata Pengantar
Budaya Tionghoa merupakan salah satu kebudayaan tertua di dunia, yangditandai dengan peninggalan- peninggalan sejarah yang menjadibukti-bukti yang melengkapi catatan sejarah Tiongkok. Salah satupeninggalan yang paling berharga adalah Jia Gu Wen, yang merupakanpahatan tulisan-tulisan kuno Tiongkok pada tulang binatang ataupunggung kura-kura. Ini merupakan catatan dari abad ke-14 SM dariDinasti Shang yang merupakan cikal bakal dari karakter bahasa Mandarinyang kita kenal sekarang. Catatan resmi sejarah Tiongkok merupakansalah satu catatan sejarah terlengkap di dunia dan yang menjadi acuanbagi sejarahwan adalah 25 Buku Sejarah (Erl Shi Wu She). Semenjak bergulirnya era Reformasi di Indonesia dan dimulainya eraketerbukaan, maka budaya Tionghoa marak kembali dan mulai mengalirlahbuku-buku yang berkaitan dengan sejarah dan budaya Tionghoa.Perjalanan sejarah bangsa Tiongkok telah mencapai 5 milenium. Masaitu bukan masa yang pendek terutama jika kita hendak menuliskanperjalanan sejarah suatu bangsa yang telah mengarungi masa 5 milleniumini. Buku ini menyajikan secara singkat sejarah, filsafat dankebudayaan Tionghoa.

Tentunya kami juga menyadari masih banyakkekurangan dan buku ini masih jauh dari sempurna untuk merangkumsejarah mengenai budaya Tionghoa yang telah berumur lebih dari 5000tahun ini.Perjalanan bangsa Tiongkok memiliki keterkaitan dengankerajaan-kerajaan di nusantara ini. Yi Xing, Fa Xian, Zheng He adalahorang-orang terkenal yang pernah mendatangi Nusantara ini dan menjalinhubungan yang baik pula sesuai asas kesamaan dan kemanusiaan yangberdasarkan falsafah bangsa-bangsa di Nusantara ini yang kemudianlahir menjadi Pancasila serta menjunjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika.Mengingatkan kita akan wisdom words dari Confucius bahwa di 4 penjurusemua manusia bersaudara.Hal inilah yg mendorong kami membuat buku ini dengan tujuanmemperkenalkan budaya Tionghoa kepada masyarakat Indonesia.PENDAHULUANKata Tionghoa (dialek Hokkien), dalam Bahasa Mandarin ejaan Pinyindibaca "zhonghua", diperkenalkan secara luas oleh Dr. Sun Yat-sen,yang merupakan Bapak Revolusi Tiongkok dengan mendirikan RepublikChina (Zhonghua Minguo atau Tionghoa Binkok) pada tahun 1911,menggantikan Dinasti Qing. Mao Zedong juga meneruskan penggunaan kataZhonghua untuk negara Republik Rakyat China (Zhonghua Renmin Gongheguoatau Tionghua Jinbin Kionghokok) yang diproklamasikan pada tahun 1949.Pokok bahasan dari buku MENGENAL TIONGKOK SEKILAS ini adalah sejarahsingkat perjalanan negeri Tiongkok, dimulai dari masa Kaisar Purbadalam khazanah Tiongkok Purba hingga ke masa dinasti terakhir (Qing),sebelum berdirinya negara Republik Rakyat China (PRC). Selain itudibahas juga sekilas mengenai Dao dan konsep Confucius sebagailandasan filsafat serta perkembangannya.

Buku ini ditulis untuk menambah wawasan bagi pembaca serta untukmelengkapi buku-buku mengenai sejarah dan budaya Tionghoa yang telahlebih dulu beredar di Indonesia. Pengetahuan yang jelas dan benarmengenai sejarah dan filsafat Tionghoa ini akan melengkapi pemahamanpembaca terhadap budaya Tionghoa, selain itu, juga akan membantupembaca dalam memahami kebijaksanaan masa lampau China yang terkandungdalam karya seni/sastra China klasik yang dapat menjadi inspirasiuntuk menghadapi tantangan dunia bisnis masa kini.Kami menyadari bahwa sejarah Tiongkok amat luas dan panjang terutamamembahas budaya dan segala macam yang berkaitan dengan Tiongkok.Buku yang kami karang tentunya tidak bisa dikatakan menceritakansecara lengkap dan gamblang. Mungkin perlu kita sadari bahwa buku yangmembahas hampir lengkap adalah Si Ku Quan Shu 四庫 全& #26360; yang teramatbanyak. Bahkan amat banyaknya sehingga dapat dikatakan kalau orang sejaklahir dan setiap hari membaca 3000 kata-kata Wen Yan Wen selama 10jam sehari walau sampai umur 80 tahunpun belum selesai membacanya.Berjumlah 2.229.000 halaman dan 800 juta kata.Terbagi 4 bagian yaitu se , jing , zhi dan ji , 4 warna , hijau ,merah , biru dan abu yang melambangkan 4 musim.3,5 kali lipat banyaknya dibandingkan YongLe DaDian.Dan dibuat sejak th.1772 selama 15 tahun dan disalin atau ditulis. Dengan mengingat factor di atas , kami mengharapkan agar para pembacajuga menyadari bahwa buku yang kami tuliskan tidak bisa dikatakansebagai buku yang lengkap dan baik.Kami hanya berusaha menyajikan secara singkat dan berusaha seakuratmungkin.Pada buku ini tim penulis menggunakan ejaan Pinyin untukpenulisan-penulisan istilah serta nama. Bahasa Mandarin ejaan Pinyindipilih karena merupakan istilah yang umum untuk jaman sekarang ini.Walau untuk beberapa sebutan, akan tetap menggunakan istilah WadeGiles dan dialek Hokkian.Bab IMasa purba 3 kaisar dan 5 raja1.1 PendahuluanNegeri Tiongkok memiliki sejarah, filsafat dan kebudayaan yangpanjang. Banyak para pemikir/filsuf besar telah terlahir di negeri inidan diantara para filsuf besar ini mendirikan aliran pemikirannyamasing-masing. Selain itu, dalam bidang seni budaya, negeri ini jugabanyak menghasilkan karya-karya besar, seperti istana-istana,karya-karya satra klasik, berbagai rupa patung-patung, dan lainsebagainya.

Tetapi sebelum membahas lebih jauh mengenai sejarah,filsafat dan budaya Tiongkok, akan dibahas terlebih dahulu mengenaicara pandang Bangsa Tionghoa terhadap negerinya.Secara etimologis, kata "Tiongkok" terbentuk dari dua kata, yakni"Tiong" 中 (Zhong, dalam dialek Mandarin) dan "Kok" 国 (Guo, dalamdialek Mandarin). Tiongkok artinya "Negeri Tengah.". Hal inimenandakan bahwa Bangsa Tionghoa memandang diri mereka sebagai pusatdari dunia atau terletak di tengah-tengah dunia. Sebutan ini bukanbaru ada pada jaman sekarang, namun sudah ada sejak jaman dahulu kala,dimana ada empat (4) bangsa yang dianggap barbar yaitu Man 蛮 (selatan), Di 狄 (utara), Yi 夷 (timur), Rong 戎 (barat). Selainistilah Zhongguo, juga ada istilah Zhong Yuan. Penggunaan istilahZhongYuan 中 原 telah ada dalam kitab Guo Yu yang dikumpulkan ZuoQiuMing 左 丘 明 pada kitab LiYi 礼 仪。Pengertian Zhongguo dengan ZhongYuan dapat dibedakan dari segipemakaiannya, yaitu Zhong Yuan mengacu kepada geografis dan Zhongguomengacu kepada negara. Masalah pemakaian kedua istilah ditekankandisini karena pada masa-masa dinasti Shang 商, Zhou juga menyebutnegaranya sebagai Zhongguo yang mengacu kepada negara bukan geografis.Misalnya pada kitab He ZunMing 何 尊 铭 yang telah ada pada masa Zhoubarat.Jauh sebelum penggunaan kata Zhong Hua 中 华, kata yang umum digunakanadalah HuaXia 华 夏, terutama pada masa pra dinasti Qin dan dinastiQin 秦.Kata HuaXia mengacu kepada bangsa yang mana setelah dinasti Han 汉,kata yang sering digunakan adalah Han Ren 汉 人 atau Tang Ren 唐 人.Kata-kata yang mengacu kepada Hua Xia bisa ditemukan di Zuo Zhuan 左传 dan kitab Meng Zhi 孟 子.Sedangkan dalam kamus Shuo Wen Jie Zi 说 文 解 字 yang merupakan salahsatu kamus acuan dalam membuat kamus modern menyatakan sebagai berikut: Hua adalah agung dan jaya, Xia adalah orang negeri tengah (Zhong Guo).Maksud Zhong Guo disini adalah Zhong Yuan atau dataran tengah yangmerupakan pusat dari 4 arah atau SI FANG 四 方 yang kadang disebut SIYI 四 夷.Zhang TaiYan 张太 炎 beranggapan bahwa pada orang Tiongkok jaman purbamenyebut dirinya sebagai suku Xia dan Hua sebagai nama negara. KataXia berasal dari sungai Xia dan Hua adalah gunung Hua. Sering puladisebutkan dalam kata-kata kuno yang kadang masih disebut hingga hariini adalah, "suku Hua Xia menetap disekitar gunung Hua dan pinggirsungai Xia."Dalam Jia Gu Pu Ci 甲 骨 朴 辞 (oracles bones) sendiri mengatakanbahwa HUAadalah dewa sungai Huang He 黄 河. Yang menunjuk juga Hua Yue ataugunung Hua di SanXi, daerah Guan Zhong.Penyelidikan Feng TianYv mengatakan bahwa leluhur jauh dari suku ZhongHua atau yang disebut Zhong Hua Min Zhu adalah Hua Xia, Dong Yi danMiao Man. Daerah pergerakan dan kekuasaan Dong Yi adalah sekarang yangdisebut San Dong, tenggara He Nan dan An Hui tengah, yang jejaknyaantara lain adalah kebudayaan Da Wen 大 汶, San Dong Long Shan 龙 山,Qing Lian Gang. Tokoh legenda, Hou Yi si pemanah matahari dan Chi Youberasal dari grup ini.Daerah kehidupan Miao Man adalah sekarang yang disebut Hu Bei, Hu Nan,Jiang Xi.Jejaknya adalah antara lain kebudayan Liang Zhu, He Mu Du, Qv Jia Ling.Tokoh legenda adalah Fu Xi, Nv Wa, San Miao, Zhu Rong yang berasaldari grup ini.Hua Xia, daerahnya adalah dataran tinggi Huang He, sepanjang pesisirHuang He, daerah tengah dan utara Tiongkok. Jejaknya antara lainadalah kebudayan HeNan LongShan, YangShao. Hua Xia memiliki 2 pemimpinyang akhirnya bergabung yaitu Huang Di dan Yan Di.Berdasarkan cerita-cerita kuno, mitos dan legenda yang bercampur baurmenjadi satu, didapat istilah keturunan Yan Huang atau yang menjadisuku HuaXia atau cikal bakal suku Han.Yang menjadi pandangan umum dan berdasarkan catatan-catatan historismaupun legenda serta mitos adalah suku yang bermarga Ji dan dipimpinoleh Huang Di, bertempat di daerah ShaanXi dan suku bermarga Jiang,dipimpin oleh Yan Di. Kedua suku ini kemudian berseteru dan disebutperang Ban Quan 阪 泉。 Suku yang dipimpin Yan Di kemudian kalah dandigabungkan menjadi 1 suku. Kemudian Huang Di juga menaklukkansuku-suku sekitarnya.

1.2 Mitologi penciptaanBangsa Tionghoa mungkin satu-satunya bangsa yang tidak terlalumemperdulikan kisah mitos penciptaan seperti mitos-mitos penciptaanyang ada pada bangsa-bangsa lain. Kalaupun ada lebih bersifatfilosofis seperti yang termaktub dalam kitab Yi Jing atau perubahan.Hal ini akan mempengaruhi filsuf-filsuf selanjutnya dan para filsufmencoba membuat suatu pemikiran yang lebih bersifat filosofisdibandingkan dengan mitos-mitos.

Misalnya Lao Zi, Lie Zi, Huai NanZi,Xun Zi dan lain-lain. Rata-rata menuliskan mengenai Hun Tun (Chaos)atau suatu konsep yang tidak terkatakan (abstract) dan Yin Yang. Halini terlepas dari pemikiran purba bahwa Huang Di sebagai pusat darisegalanya atau juga merupakan penguasa seluruh alam dan para DI(kaisar purba) lainnya.Walau demikian diluar dari pemikiran filosofis dan pemahaman merekaterhadap DI dan para DI pendahulu, masih ada mitos-mitos lain yangberkembang kemudian.Ada 2 mitologi penciptaan alam dan manusia yang berkembang dalammasyakarat Tionghoa.Yang 1 adalah Pan Gu dan dipercaya bahwa mitologi ini timbul pada masapasca dinasti Han (masa Tiga Negara) dan disebarluaskan oleh orangnegeri Wu.Kisah NvWa sendiri amat menarik dan ada kemungkinan berasal dari Yunnan dan mungkin merupakan sisa-sisa dari budaya Maternalistik.Perlu kita ketahui bahwa 20 marga awal dari bangsa Tionghoa memilikikarakter atau tulisan wanita.Disini akan dituliskan 2 kisah penciptaan yaitu Pan Gu dan NvWa.Pan GuAlam semesta ini diciptakan oleh Pan Gu. Ia dikatakan terlahir darisebuah telur dengan memiliki sepasang tanduk, dua gading, serta tubuhyang berbulu.

Diceritakan bahwa Pan Gu telah menciptakan alam semestaini dari batu karang yang melambangkan kekacauan selama 18.000 tahun.Kisah penciptaan Tiongkok lainnya mengatakan bahwa alam semesta iniberasal dari mayat Pan Gu. Matanya menjadi masing-masing matahari danbulan, darahnya menjadi sungai-sungai, rambutnya berubah menjaditumbuh-tumbuhan, dan dagingnya menjadi bumi ini. Manusia berasal dariparasit-parasit yang merayapi tubuhnya.Tapi legenda Pan Gu ini adalah legenda yang masih muda. Legenda Pan Gubaru timbul pada masa 3 kerajaan ( 220 C.E - 280 C.E )tepatnya didaerah Dong Wu dikarang oleh Xuzheng dalam buku Sanwu Liji. NvWaSeorang dewi bernama NvWa dipercaya oleh masyarakat Tiongkok kunosebagi pencipta para mahluk dibumi. Dalam kitab Taiping Yilan 太平 御& #35272;disebut bahwa NvWa pada bulan pertama hari pertama menciptakan ayam,hari ke 2 menciptakan anjing, hari ke 3 menciptakan kambing, hari ke 4menciptakan babi, hari ke 5 menciptakan kerbau, hari ke 6 menciptakankuda dan pada hari ke 7 menciptakan manusia dengan menggunakan tanahkuning dengan air, cara ini dianggap lamban. NvWa kemudian menggunakanranting tanaman merambat dan mencelupkan ke dalam rawa-rawa kemudianmenggoyangkannya. Lumpur yang menetes dan jatuh ke tanah itu menjadimanusia. Ia pula yang merancang tata cara perkawinan dan menjadi makcomblang semua manusia untuk melanjutkan keturunan.Diriwayatkan pula bahwa ia telah memperbaiki langit dari kebocorannya. Kebocoran langit tersebut, disebabkan oleh pertempuran antara dewaair (Zhu Rong) dan dewa api (Gong Gong). Dewa api yang kalah kemudianmembenturkan kepalanya ke dinding langit sehingga berlubang besar danair dengan derasnya mengguyur ke bumi. Hal ini merupakan penyebabbencana air bah yang melanda umat manusia pada masa itu.

Kisah Nvwa dicatat dalam banyak buku klasik seperti Fengshu Tongyi,Huainan zi, Sanhai jing, bahkan dalam kamus Shuowen juga disebutkanNvwa. Karena itulah bisa dikatakan bahwa legenda Nvwa jauh lebih tuadaripada legenda Pangu. Walau demikian ada orang yang percaya bahwaNvwa memang ada dan pernah memerintah, ada juga yang beranggapan bahwaNvwa adalah masa dimana Tiongkok purba menganut paham maternalistik.1.3 Awal Peradaban Tiongkok dan Jaman LegendaNegeri Tiongkok telah dihuni oleh manusia semenjak jaman purbakala dandiyakini sebagai salah satu dari pusat kebudayaan tertua dunia. Halini terbukti dengan penemuan fosil manusia purba berupa tengkorak yangditemukan pada tahun 1963.

Usia tengkorak tersebut diperkirakanberasal dari tahun 400.000 SM dan ditemukan di Propinsi Shanxi.Sebelumnya pada tahun 1923 di Zhoukoudian dekat Beijing telahditemukan pula fosil-fosil Sinanthropus Pekinensis, yang kemudianlebih dikenal dengan istilah manusia Peking. Manusia purba jenis inidekat kekerabatannya dengan Pithecanthropus yang hidup di Pulau Jawaselama Jaman Batu. Pada gua Zhoukoudian bagian atas ditemukansisa-sisa peninggalan manusia purba Jaman Batu Akhir (50.000 – 35.000SM), yang setara dengan Manusia Cro Magnon di Eropa. Mereka adalahleluhur manusia modern pertama yang hidup di Tiongkok, dimana padajaman itu telah dikenal perkakas yang terbuat dari tulang dan batu,pakaian dari kulit hewan, serta cara pembuatan api. Sekitar milenium keempat atau ketiga SM, pada Jaman Batu Baru,terjadilah perubahan besar pada kehidupan masyarakat Tiongkokpurbakala.

Sejumlah besar orang tinggal menetap pada sebuah tempat danmulai bercocok tanam serta beternak hewan. Pada kurun waktu ini,telah dibuat perkakas batu yang telah dipoles halus dan masyarakatTiongkok purba telah mendirikan kemah serta gubuk beratapkan gelagahuntuk berdiam. Desa-desa kediaman semacam ini banyak diketemukan padatepian Sungai Huanghe di dataran Tiongkok Utara. Terlepas dari musimdingin yang keras, daerah tersebut memang cocok untuk bercocok tanam.Kebudayaan semacam ini mirip sekali dengan kebudayaan sungai lainnya,seperti misalnya Kebudayaan Lembah Sungai Nil di Mesir.Masyarakat pada jaman ini (3000-2000 SM) telah menemukan teknikpembuatan keramik yang dipergunakan untuk menyimpang makanan danminuman. Terdapat dua ciri khas motif keramik yang ditemukan pada masaitu, yakni yang ditemukan di desa Yangshao dan Longshan.Legenda-legenda Tiongkok kuno mengungkapkan sedikit penjelasanbagaimana masyarakat pada jaman itu hidup.

Pada masa itu agar dapatbertahan hidup orang harus hidup bersama dan memanfaatkan kemampuanbersamanya untuk menghadapi kondisi alam yang tidak bersahabat.

Merekabekerja bersama dan saling membagi makanan yang mereka dapatkan. Orangyang mampu dan berkualitas kemudian diangkat untuk memimpin kelompokmasyarakat tersebut, dimana pada jaman tersebut belum dikenal sistimpewarisan kepemimpinan turun temurun. Mereka tidaklah digantikan olehketurunan mereka, melainkan oleh orang lain yang dianggap memilikikemampuan yang sama. Hal ini diabadikan dalam legenda Tiongkok kunomengenai kaisar-kaisar legendaris yang melimpahkan kekuasaannya padaorang yang mereka anggap mampu dan tidak pada keturunannya sendiri. Istilah ini disebut Chan Rang.1.4 Kaisar Purba dalam khazanah Tiongkok Purba dan perannya sekarang ini3 kaisar dan 5 raja yang sering disebut sebagai San Huang Wu Di merupakan suatu kepercayaan turun temurun dan dicatatkan pada kisahShi Ji atau catatan sejarah oleh Sima Qian.Ada banyak versi mengenai San Huang, tapi sebelumnya kita mengenalterlebih dahulu 2 orang purba yang dianggap menjadi peletak dasarkebudayaan atau suatu era perubahan.You Chao 有巢 adalah masa atau tokoh yang dianggap memperkenalkanpembuatan rumah dan ini adalah masa purbakala.

Sedangkan Shui Ren 燧人dianggap yang memperkenalkan pembuatan api.Seorang filsuf, Han FeiZi 韩非 子 menyatakan jasa Shui Ren dalammeletakkan peradaban manusia dalam tulisannya. Selain itu, pada kitabShi Lu 史路 , Li Ji 礼记 juga menuliskan hal yang sama. Zhuang Zi jugamenyebut You Chao dalam kitabnya.Adapun ketiga kaisar tersebut adalah:1. Shui Ren FuXi ShenNong 遂人 伏羲 神农2. FuXi NvWa ShenNong 伏羲 女娲 神农3. FuXi ZhuRong ShenNong 伏羲 祝融 神农4. FuXi ShenNong Gonggong 伏羲 神农 共工5. FuXi ShenNong Huang Di 伏羲 神农 黄帝Banyaknya sebutan atau tokoh-tokoh yang berbeda untuk ketiga 3 kaisarmerupakan hal yang lumrah dan kemungkinannya adalah suatu era. Padabuku ini lebih difokuskan kepada 3 kaisar pada urutan 2 diatas yaituFuXi NvWa ShenNong 伏羲 女娲 神农 .NvWa dipercaya bahwa Beliau-lah yang meletakkan kesusilaan.

NvWadengan FuXi dipercaya adalah kakak adik yang menjadi suami istri.
Dan sering digambarkan sebagai manusia bertubuh ular. Fuxi mengajarkanseni bertani dan membuat jala bagi rakyat sekitarnya serta membuatsistem perhitungan dan administrasi pemerintahan. Secara mitosdipercaya Fu Xi yang membuat Ba Gua.ShenNong dianggap sebagai penemu alat membajak, mencobai tanaman untukdilihat khasiatnya, membuat gerabah, membuat alat musik qin.Mengenai Huang Di atau Kaisar Kuning mungkin perlu dijabarkan lebih luas.Masyarakat Tionghua mengakui bahwa diri mereka adalah keturunan HuangDi, dan banyak buku-buku klasik menuliskan mengenai Beliau. Hal inimakin mengukuhkan pandangan bahwa orang-orang Tionghua adalahketurunan Huang Di (Yellow Emperor).Sebutan Kaisar Kuning (Yellow Emperor) merupakan suatu bentukpenghargaan bagi Beliau. Dalam kitab Wei NanZi ditulis bahwa maknakuning adalah bumi yang maha luas.Buku itu juga menuliskan bahwa bumi maha luas ada 5 kaisar yangberkuasa dan berkaitan dengan 5 unsur serta arah.

Kaisar Timurmenguasai kayu, Kaisar Selatan menguasai api, Kaisar Timur menguasailogam, Kaisar Utara adalah air dan Kaisar yang di Tengah itumenguasai tanah.Huang Di memiliki seorang pembantu yang amat luar biasa, yaitu Hou Tu(dewa yang menguasai bumi) dan menguasai tanah/memerintah tanah 8penjuru. Dan karena tanah di Tiongkok berwarna kuning maka Kaisar diTengah disebut Kaisar Kuning.Legenda menceritakan bahwa Huang Di pernah kegunung Tai Shan danmenemui semua Gui Shen naik kereta yang ditarik gajah dan ada 6 nagabanjir atau naga air tawar (jiao long) mengikutiNya dibelakang.(Catatan: Pandangan bangsa Tiongkok terhadap roh orang mati, yangjahat menjadi gui dan yang baik menjadi shen.

Semuanya berkumpul digunung Tai Shan. Pada kitab San Hai diceritakan bahwa dulu semuaroh-roh jahat berkumpul di gunung Kun Lun). Banyak para ahli sejarah, berdasarkan penemuan-penemuan arkeologi,yang beranggapan bahwa Huang Di menggunakan liong sebagai totem (tuteng) lambang persatuan, terutama setelah Beliau berhasil menyatukansuku-suku lain dan mengalahkan Che You. Hal ini juga yang membuatorang-orang Tionghua beranggapan bahwa diri mereka adalah keturunannaga/liong.Di propinsi Shaan Xi, ada kabupaten yang disebut kabupaten Huang DiLing atau kuburan HuangDi. Kitab Si Ji juga menuliskan bahwa Huang Didikuburkan di gunung Qiao (kuburan Beliau sekarang).Pada hari Qing Ming / Ceng Beng banyak orang-orang yang berdatangan kekuburan Huang Di untuk memberi penghormatan.Kenapa Huang Di juga disebut Xuan Yan?Menurut legenda, Huang Di menemukan kereta perang. Dan para prajuritmenggunakan kereta untuk berperang.

Ketika sedang beristirahat, merekamembuat suatu benteng pertahanan dengan memanfaatkan kereta-kereta,dibuat suatu lingkaran yang saling sambung menyambung dan ada satulubang tempat keluar masuk tentara. Pusat lingkaran itu adalah tempatkomando perang. Kereta perang itu disebut Xuan dan sistem pertahananitu disebut Yan.Menurut kitab Guo Yu 国 语, disebut bahwa ayah Huang Di dan Yan Di adalahShao Dian dan ibuNya You Qiao, marganya GongSun. Menurut legenda,ketika ibuNyake daerah Qi, mendadak terlihat petir sedang berkelebat di rasibintang utara.Seketika itu pula hamil dan mengandung selama 24 bulan.Huang Di memiliki 4 istri dan 25 anak, meninggal ketika berumur 121tahun dan memerintah selama 100 tahun. Dan berdasarkan totem sukuHuang Di adalah Xuan Yan atau Tian Yan (Pelochelys Bibroni) yangartinya adalah Yan (sejenis bulus) Surgawi.

Di kitab Si Ji ditulis bahwa Huang Di pernah ke gunung Kong Tong danbertanya soal Tao kepada Guang ChengZi (kaum Taoism menganggap GuangChengZi adalah penjelmaan dari Lao Zi atau Dao De Tian Zun).Huang Di berkuasa didaerah HoNan Xin Zheng dan HoBei Zhuo Lu. Huang Diini orang yang amat jenius (mungkin agak dilebih-lebihkan) ,diceritakan bawahanNya Feng Hou menemukan kereta kompas (penunjukarah), perahu, kereta. Juga jago dalam pengobatan, hasil diskusiBeliau dengan tabib sakti Ji Bo dirangkum menjadi satu buku yangdisebut Huang Di Nei Jing, Rong Cheng membuat sistem kalender(penggunaannya selain untuk bercocok tanam adalah menentukan hari2 utkupacara penghormatan kepada para leluhurpurbakala atau Shang Di). IstriNya Lei Zhu juga yang menemukan teknikpengembangbiakan ulat sutra, pemintalan benang ulat sutra, sepatu.Chang Ji membuat aksara pertama, panah, musik. Ling Lun membuatundang-undang. Depan pintu digambar Shen Yv Du Lei (dewa pintupurbakala dan masih ada hingga kini). Huang Di menemukan cross bow danlain-lain.Chi You, kepala suku di selatan menyerang banyak suku dan terakhirmenyerang Yan Di yang bersekutu dengan Huang Di, sehingga Yan Dipindah kedaerah kekuasaan Huang Di di propinsi HoBei (sekarang).

Danterjadilah perang Zhuo Lu yang terkenal. Chi You berhasil dikalahkandan kepalanya dipenggal di Zhuo Lu. Sampai sekarang di Zhuo Lu itumasih ada kuburan kepala Chi You.

Sisa-sisa suku Chi You kabur kebarat dan selatan sedangkan sisanya menakluk kepada Huang Di. Kitab DaHuang Bei Jing menceritakan bahwa peperangan itu dibantu dewa dewimasing-masing pihak. Sejak kekalahan Chi You, suku yang berada dibawahpimpinan Yan Di (Shen Nong) dan Huang Di dilebur menjadi satu dandisebut bangsa Hua Xia. Banyak ahli sejarah menyebut masa itu adalah masa dinasti Hua Xia. Dilokasi Huang Di miao (bio Huang Di), dibawah kaki gunung kuburan HuangDi ada 4 aksara Ren Wen Chu Zhu yang artinya adalah Leluhur AwalKebudayaan. Lebih jelasnya Huang Di adalah Leluhur bangsa dankebudayaan Tionghua.Sun Yat Sen menuliskan pujian kepada Huang Di sebagai berikut: "Zhong Hua (Tionghua) sudah 5000 tahun berdiri (penelitian danpenggalian arkeologi terakhir menunjukkan lebih dari 5000 tahun,terutama dengan adanya penemuan Hong Shan (bukan Long Shan).

NegaraIndah Xuan Yan sejak jaman dahulu diwariskan. Menemukan kompas,menghentikan kekacauan dari Chi You, kebudayaan dunia, Akulah yangpertama."Dan memang ternyata penemuan-penemuan arkelogi terakhir sudahmenunjukkan bahwa budaya Tionghua memang sudah amat tinggi bahkanterbukti sekarang ini teknik persawahan adalah dari Tiongkok, bukandari India atau Thailand. Walau dalam legenda diceritakan bahwa HuangDi menemukan banyak penemuan, tapi itu tidaklah mungkin ditemukan olehdiriNya sendiri. Beliau hanya melambangkan suatu periode dan Beliauitulah pusat periode itu. Sejarawan Fan WenXian mengatakan, "Jamanpurbakala banyak para kaum terpelajar menganggap Huang Di adalah bapakbangsa Tionghua, karena itu banyak penemuan dilimpahkan kepada Beliausebagai suatu bentuk penghormatan. "Lima Raja purba:1. Huang Di 黄帝2. Zhuan Xu 颛 顼3. Di Ku 帝 喾4. Yao 尧5. Shun 舜Kaisar Yao mewariskan kekuasaannya pada Shun dan Shun pada gilirannyamenunjuk Yu dan seterusnya.

Untuk mempertahankan hidupnya terhadapberbagai bencana alam serta penyerbuan suku-suku dari luar,orang-orang pada jaman itu harus berjuang keras. Legenda Tiongkokmencatat pula mengenai Yu yang harus berjuang keras menangani bencanabanjir besar yang sedang melanda Tiongkok saat itu. Ia menggalisaluran-saluran yang dalam sehingga banjir dapat dialirkan ke laut.Saluran-saluran yang digalinya kemudian menjadi empat sungai besarTiongkok, yakni Huanghe, Yangzi, Han, dan Huai. Yu menunaikan tugasnyadengan sebaik-baiknya. Untuk menyelesaikan hal tersebut ia memerlukanwaktu tiga belas tahun. Dalam masa pekerjaan tersebut, telah sering iamelewati rumahnya sendiri, namun ia tidak pernah singgah sekejap pun.Bahkan pada saat itu ia baru saja menikah selama empat hari dandikisahkan pula bahwa Yu tidak pulang ke rumahnya, meskipun iamendengar suara tangis anaknya yang baru lahir. Tsui Chi, seorang ahli sejarah Tiongkok dalam bukunya yang berjudul AShort History of Chinese Civilisation berpendapat bahwa kisah mengenaiYu tersebut berdasarkan suatu peristiwa yang benar-benar terjadi. Darikisah tersebut dapat disimpulkan bahwa Yu adalah seorang kepalapemerintahan atau seorang pembesar berkedudukan tinggi dan merupakanahli dalam bidang pengairan. Ia berhasil menggali dasar-dasar sungaiyang telah tertimbun, sehingga air dapat mengalir kembali denganlancar. Dengan demikian negeri Tiongkok terhindar dari banjir.Peristiwa sejarah ini kemudian lambat laun berubah menjadi dongeng. Salah satu dongeng tersebut terdapat dalam Kitab Huai Nanzi yangditulis pada abad kedua sebelum Masehi.

Menurut dongeng tersebut, Yubiasa mengubah dirinya menjadi beruang. Kala istrinya datangmembawakan makanan, maka ia tidak boleh langsung menjumpai suaminya.

Haruslah terdengar bunyi tambur terlebih dahulu, barulah ia dapatberjumpa dengan suaminya, oleh karena bunyi tambur tersebut sebagaiisyarat bahwa Yu telah berubah kembali menjadi manusia. Suatu kalitatkala masih menjadi beruang, Yu tersandung sebuah batu dan jatuhmenimpa tambur tersebut. Akibatnya terdengarlah suara tambur danistrinya mengira bahwa hal tersebut sebagai isyarat bahwa ia telahboleh datang berjumpa suaminya.

Ternyata Yu masih belum sempatberganti wujud dan ia merasa malu melihat wujud suaminya yang berupaberuang tersebut. Karena malu ia melarikan diri ke kaki Gunung Sunggaodan berubah menjadi sepotong batu padas, padahal saat itu ia sedanghamil. Yu sangat bersedih atas hal tersebut dan memohon pada batutersebut agar anaknya dikeluarkan. Menurut dongeng, batu padastersebut kemudian merekah dan dari dalamnya keluar seorang anak.Lambat laun, sistem penggantian kekuasaan semacam itu digantikan olehsistem pewarisan kekuasaan berdasarkan keturunan. Tatkala Kaisar Yusudah tua ia bermaksud menyerahkan kepemimpinannya pada Bo Yi. Namunputera Yu yang bernama Qi, berhasil membunuh Bo Yi dan merampaskekuasaan, semenjak itu mulailah sistim pemerintahan secara turuntemurun yang bertahan selama lebih dari 4000 tahun (hingga tahun1911). Dinasti yang didirikan Qi dinamakan Xia (2205-1766 SM). Sima Qian seorang ahli sejarah mencatat bahwa Dinasti Xia memilikitujuh belas orang raja. Meskipun pada akhirnya sistim pemerintahanberdasarkan pelimpahan kekuasaan secara demokratis digantikan olehsistim pemerintahan otokrat, tetap saja hal ini menunjukkan kemajuandalam kehidupan sosial Bangsa Tionghoa.

Selama pemerintahannya yangberlangsung kurang lebih sekitar 400 tahun tersebut, terjadilahkemelut terus menerus yang berupa agresi dari luar serta konflikinternal. Raja terakhir Dinasti Xia, yakni Jie adalah seorang penguasayang lalim. Pada saat negaranya dilanda kekacauan ia malahbersenang-senang dengan cara memerintahkan pembangunan istana yangbesar bagi kepentingannya sendiri. Tang, seorang penguasa Shang,sebuah negara kecil, berhasil menumbangkan Dinasti Xia, dan mendirikandinasti baru, yakni Shang. Keberadaan dinasti Xia ini dahulu masih diragukan, dan sering dianggapsebagai bagian dari jaman legenda namun peninggalan dari KebudayaanLongshan serta Erlitou menyediakan bahan yang melimpah bagi penelitianmengenai Dinasti Xia yang misterius. Sebagai tambahan para ahli telahmenyepakati untuk mengasosiasikan peninggalan dari Kebudayaan LongShan tersebut dengan Dinasti Xia.Sistem pemerintahan:Menurut legenda, FuXi menggunakan istilah Long (naga) bagi parapembantunya. Disebut Chi Long 赤 龙, Hei Long 黑 龙, Huang Long 黄龙, Qing Long 青 龙, dan Bai Long 白 龙. Shen Nong menggunakanistilah Huo atau Api bagi para pembantunya dan Huang Di menggunakanistilah Yun (awan) bagi para pembantunya.Dengan istilah yang sederhana ini dan jumlah yang tidak banyakmenunjukkan kemungkinan bahwa periode 3 kaisar purba ini adalahbersifat kesukuan dan belum berkembang menjadi suatu sistempemerintahan yang lengkap dan jelas.Pada masa kaisar ZhuanXu dibuat suatu sistem pemerintahan berdasarkan5 arah. Misalnya untuk upacara ritual adalah pejabat Selatan atau NanZheng Guan 南 正 官 dan untuk mengurus rakyat adalah pejabat utaraatau Bei Zheng Guan 北 正 官. Disini sudah menjabarkan adanya sistemyang lebih tertata dibandingkan masa sebelumnya.Pada masa Yao dan Shun, sistem pemerintahan menjadi lebih jelas danpembagiannya yang meliputi banyak orang sebagai pejabat yangmengaturnya denga baik dan lebih bersifat penataan pemerintahanberdasarkan jenjang hieraki serta wilayah.Point ini yang dipercaya nantinya yang akan menjadi dasar bagi dinastiXia.Sistem ekonomi:Penggalian arkeologis sudah menemukan bahwa 10.000 tahun yang lampautelah ada hasil pertanian di daratan Tiongkok. Dan diperkirakankira-kira 4500 tahun yang lampau, kaisar mitos Yan atau Shen Nongsudah membuat sistem pertanian yang terpadu dan terorganisisir secarabaik.

Tidak asal menanam saja. Dengan ditemukannya sistem bajakmembuat hasil pertanian lebih baik lagi.Leluhur pendiri dinasti Zhou yaitu Hou Ji 后 稷 adalah pejabatpertanian pada masa kaisar Yao dan Shun.Kehidupan masyarakat:Tumbuhan ge (Pueraria thunbergariana) merupakan bahan yang digunakanuntuk membuat kain dan sutra juga dipercaya sudah digunakan sebagai bahan pakaian.Astronomi:Pengetahuan astronomi bisa dikatakan tumbuh bersamaan dengan lahirnyakebudayaan bangsa Tiongkok. Hal ini kemudian berkembang menjadi salahsatu ilmu pengetahuan yang akan melandasi budaya Tiongkok kelak.Faktor-faktor penyebab lahirnya astronomi lebih disebabkan karenafaktor pertanian sebagai soko guru dalam perkembangan ekonomimasyarakat purba.Untuk itu diperlukan sistem perhitungan yang berdasarkan pergerakanbintang dilangit dan perubahan alam disekitarnya.

Karena itulahdiperlukan suatu sistem untuk menghitung pergerakan cuaca dan musimagar hasil pertanian bisa lebih baik lagi.Sistem penghitungan Tian Gan atau cabang langit dipercaya sudah dibuatpada masa Huang Di. Dalam catatan Shi Ji, ditulis bahwa Huang Dimenggunakan Ci 策 untuk menghitung hari.Yang dimaksud Ci ini adalah semacam batang bambu.
Cara menghitungnyaadalah dengan mengeser batang bambu itu setiap hari hingga 10 kali.
Setiap pergeseran itu menggunakan istilah Jia Yi Bing Ding Wu Ji GengXin Ren Gui. Cara ini kemudian digabungkan dengan Di Zi atau rantingbumi dan menjadi dasar perhitungan kalender bangsa Tionghoa nantinya.Selain disebut Tiangan dan Di zhi, jaman dahulu disebut juga gan,10bunda, shimu dan zi, 12 anak, shier zi.Faktor pengamatan terhadap matahari dan bulan juga membuat lahirnyasistem kalender Lunisolar bangsa Tionghoa.
Pengamatan terhadap pergerakan bulan melahirkan perhitungan bahwa dari 2 periode bulanpenuh adalah 59 hari dan 12 kali proses perubahan itu memakan waktu354 hari.
Faktor pengamatan matahari juga membuat timbulnya pemahamanarah bahwa Timur adalah tempat matahari terbit dan barat adalahmatahari terbenam.Pengobatan:Dalam catatan Di Wang Shi Ji 帝王 世& #32426; dituliskan bahwa Fu Xi mengobatiorang dengan tusuk jarum. Disini bisa kita ketahui bahwa pengobatandengan tusuk jarum sudah dikenal sejak jaman dahulu kala danberkembang menjadi pengobatan akupuntur (tusuk jarum) seperti yangdikenal di masa kini. (catatan: pengobatan yang dilakukan Fu Xisebenarnya menggunakan batu tajam atau tulang, bukan menusuk dengan jarum)

Dinasti Shang (1766 – 1122 SM)Pada mulanya Shang adalah nama suku yang mendiami salah satu bagianSungai Huang He, dimana ia merupakan bawahan atau adipait/raja mudadinasti Xia..Menurut legenda , leluhur dinasti Shang adalah keturunan anak DiKu帝喾 yaitu Qi契&# 12290;Karena Qi berjasa membantu Yu melawan banjir , makaoleh kaisar Shun diberi wilayah Shang untuk dipimpinnya. 500 tahunkemudian pada masa diperintah oleh ChengTang成 汤 (selanjutnya disebutTang) dan dibantu oleh YiYin 伊尹 berhasil memakmurkan wilayahnya danmendapat dukungan dari wilayah-wilayah lain serta menaklukkan wilayahyang tidak mau bergabung atau mendukungnya. Xia.

Raja terakhir DinastiXia yang bernama Jie 桀 adalah seorang penguasa lalim, makamemberontaklah Tang, pemimpin Shang melawan hagemoni Xia.Pemberontakan tersebut berhasil dan Tang mendirikan dinasti baru sertamenjadikan Bo (sekarang distrik Caoxian di Propinsi Shandong) sebagaiibu kotanya.Tang mempelajari kesalahan pendahulunya, ia tidak memperlakukanrakyatnya dengan semena-mena serta memperkerjakan banyak menteri yangbajik dan bijaksana. Oleh karena itu terjadilah kemajuan yang pesatdalam bidang ekonomi semasa pemerintahannya. Dinasti Xia diperintah 30 raja dan berlangsung selama 17 genrasi. dansistem kekuasaan biasanya dari kakak diwariskan kepada adik pria ,jika tidak ada adik pria baru diwariskan kepada anaknya.Pada masa pemerintahan cucu Tang yaitu Tai Jia , ternyata Tai Jiatidak bisa memimpin negara bahkan cenderung berfoya-foya. Karena ituYiYin menurunkan TaiJia dan memerintah sementara. 3 tahun kemudianTaiJia menyesali dan kembali menjabat sebagai raja dan memerintahdengan baik.Pada masa pemerintahan para raja berikutnya, Dinasti Shang diliputikemelut internal berupa perebutan kekuasaan serta penyerbuan bangsabarbar di sekelilingnya. Hal inilah yang menjadi penyebab mengapaDinasti Shang memindahkan ibu kotanya sebanyak lima kali. Pemindahanibu kota yang paling tersohor terjadi pada masa pemerintahan rajaketujuhbelas dari Dinasti Shang, yakni Pan Geng. Ia memindahkan ibukotanya ke Yin (sekarang kota Anyang, Propinsi Henan) dan selanjutnyahingga berakhirnya dinasti ini, tidak pernah lagi ibu kotanyadipindahkan.

Hal ini terjadi karena letak ibu kota baru ini, dirasayang terbaik, sehingga karenanya Dinasti Shang juga disebut denganDinasti Yin.Penguasa terkenal dari Dinasti Shang lainnya adalah Wu Ding, yangmerupakan keponakan Pan Geng. Ia merupakan raja yang takhenti-hentinya memperkuat negerinya. Di bawah kepemimpinannya, DinastiShang mencapai kemajuan yang luar biasa dalam bidang ekonomi, di manahal ini meletakkan dasar bagi dinasti-dinasti berikutnya.Penemuan arkeologis juga telah membuktikan prestasi dinasti Shang,dimana pada masa itu telah dicapai teknologi yang tinggi dalam bidangpertanian. Selain itu orang pada jaman itu telah dapat pulamenghasilkan bejana-bejana dari perunggu. Temuan bejana perunggu yangpaling tersohor adalah bejana berkaki empat simuwu, yang beratnyamencapai 732,84 kg dan dikenal sebagai bejana perunggu yang terbesardi dunia.Pada masa Dinasti Shang berkembanglah sistim perbudakan, dimana kaumbangsawan hidup dalam kemewahan, sementara kaum budak hidup dalamkondisi yang sangat buruk. Setelah pemilik budak meninggal, makabudak-budaknya juga dikubur hidup-hidup sebagai korban bersama-samadengan persembahan berupa hewan. Ada beberapa hal yang perludijelaskan di sini. Para budak, tidak seperti halnya perbudakan diTibet, Amerika atau tempat lainnya, perbudakan yang terjadi adalahseseorang menjual dirinya kepada seorang majikan sebagai pelayanseumur hidup, jadi mereka diperlakukan sebagai pelayan secaramanusiawi dan mengganti marga mereka sesuai dengan majikannya.pengertian dikubur hidup-hidup harus dijelaskan bahwa yangbersangkutan ikut dikubur sebagai pelayan, tidak langsung mati saatdikubur, kuburan orang kaya di tiongkok besar sekali ukurannya, bisasebesar rumah bahkan lebih dalamnya, jadi para pelayan itu ikut masukdi dalam kuburan dan duduk di ruangan pelayan, dan disediakan lampuminyak sebagai penerangan dan makanan serta minuman untuk beberapasaat, kalau makanan dan minumannya habis baru mereka mati.Setelah mangkatnya Wu Ding, Dinasti Shangpun mengalami keruntuhannya.
Raja terakhir Dinasti Shang juga merupakan seorang tiran yang kejam,hingga akhirnya pada tahun 1122 SM, timbullah pemberontakan yangberhasil menggulingkan raja lalim tersebut.

ardian_c

No comments:

Post a Comment